Bagi rekan Guru SMP yang mengajar mata pelajaran ekonomi dan kebetulan sedang mencari soal dan jawaban seputar UKG Ekonomi, contoh soal berikut ini merapukan kelanjutan dari tulisan sebelumnya yaitu: contoh soal UKG ekonomi SMP dan jawaban Terbaru bagian pertama.
Oke, berikut soal dan jawaban untuk bagian yang kedua.
1. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu....
A.Relative advantages
B.Complexity
C.Observability
D.Compatibility
E.Semua jawaban salah
Jawaban: D
2. Sains mencakup:
(1) metode ilmiah
(2) sikap ilmiah
(3) produk ilmiah
(4) pengetahuan
Pernyataan yang benar adalah ....
A.pernyataan (1) dan (3)
B.pernyataan (2) dan (4)
C.pernyataan (2) dan (3)
D.pernyataan (1), (2), dan (3)
E.Pernyataan 1,2,3, 4
Jawaban: C
3. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua jawaban benar
Jawaban: D
4. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A.Linier
B.Kontradiktif
C.Konvergen
D.Collective
E.Semua jawaban salah
Jawaban: C
5. Fanatism daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A.Cultural Block
B.Mental Block Barries
C.Social Block
D.System Block
E.Social System
Jawaban: C
6. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A.abstrak
B.pendahuluan
C.diskusi
D.referensi
E.Ada 2 jawaban benar
Jawaban: C
7. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.Ada 2 jawaban benar
Jawaban: C
8. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat
A.Mutlak
B.mantap
C.tentatif
D.pasti
E.Semua jawaban benar
Jawaban: A
9. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.mengumpulkan hasil karya siswa
B.meningkatkan rasa saling percaya
C.mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar
Jawaban: C
10. Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.kondisi lingkungan sekolah
B.jumlah siswa dalam kelas
C.waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.sarana dan fasilitas yang tersedia.
E.Semua jawaban benar
Jawaban: B
11. Salah satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A.alat penilaian diujikan pada orang yang sama
B.alat penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C.petunjuk pelaksanaan harus jelas
D.perlu alat penilain pembanding yang berbeda
E.Semua jawaban benar
Jawaban: C
12. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A.kelayakan ide untuk dipublikasikan
B.wacana tentang ide yang sedang berkembang
C.kesiapan ide untuk didiskusikan
D.persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
E.Ada 2 jawaban yang benar
Jawaban: A
13. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A.judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B.judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C.judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D.judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E.Tidak ada jawaban benar
Jawaban: B
14. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.mengumpulkan hasil karya siswa
B.meningkatkan rasa saling percaya
C.mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar
Jawaban: C
15. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E.Semua jawaban benar
Jawaban: A
16. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A.organ, saraf, dan otak
B.otot, badan, dan otak
C.otot, saraf, dan otak
D.otot, saraf, dan pikiran
E.otak, mainan edukatif
Jawaban: C
17. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam
bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A.(1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.(4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.(5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.(5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.Semua jawaban salah
Jawaban: D
18. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A.panjang tulisan
B.nada tulisan
C.gaya tulisan
D.bahasa tulisan
E.Semua jawaban salah
Jawaban: B
19. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.Tidak ada jawaban
Jawaban: D
20. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua jawaban benar
Jawaban: D
Oke, berikut soal dan jawaban untuk bagian yang kedua.
1. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu....
A.Relative advantages
B.Complexity
C.Observability
D.Compatibility
E.Semua jawaban salah
Jawaban: D
2. Sains mencakup:
(1) metode ilmiah
(2) sikap ilmiah
(3) produk ilmiah
(4) pengetahuan
Pernyataan yang benar adalah ....
A.pernyataan (1) dan (3)
B.pernyataan (2) dan (4)
C.pernyataan (2) dan (3)
D.pernyataan (1), (2), dan (3)
E.Pernyataan 1,2,3, 4
Jawaban: C
3. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua jawaban benar
Jawaban: D
4. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A.Linier
B.Kontradiktif
C.Konvergen
D.Collective
E.Semua jawaban salah
Jawaban: C
5. Fanatism daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A.Cultural Block
B.Mental Block Barries
C.Social Block
D.System Block
E.Social System
Jawaban: C
6. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A.abstrak
B.pendahuluan
C.diskusi
D.referensi
E.Ada 2 jawaban benar
Jawaban: C
7. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.Ada 2 jawaban benar
Jawaban: C
8. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat
A.Mutlak
B.mantap
C.tentatif
D.pasti
E.Semua jawaban benar
Jawaban: A
9. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.mengumpulkan hasil karya siswa
B.meningkatkan rasa saling percaya
C.mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar
Jawaban: C
10. Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.kondisi lingkungan sekolah
B.jumlah siswa dalam kelas
C.waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.sarana dan fasilitas yang tersedia.
E.Semua jawaban benar
Jawaban: B
11. Salah satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A.alat penilaian diujikan pada orang yang sama
B.alat penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C.petunjuk pelaksanaan harus jelas
D.perlu alat penilain pembanding yang berbeda
E.Semua jawaban benar
Jawaban: C
12. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A.kelayakan ide untuk dipublikasikan
B.wacana tentang ide yang sedang berkembang
C.kesiapan ide untuk didiskusikan
D.persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
E.Ada 2 jawaban yang benar
Jawaban: A
13. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A.judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B.judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C.judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D.judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E.Tidak ada jawaban benar
Jawaban: B
14. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.mengumpulkan hasil karya siswa
B.meningkatkan rasa saling percaya
C.mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.menilai hasil belajar siswa
E.Semua jawaban benar
Jawaban: C
15. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E.Semua jawaban benar
Jawaban: A
16. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A.organ, saraf, dan otak
B.otot, badan, dan otak
C.otot, saraf, dan otak
D.otot, saraf, dan pikiran
E.otak, mainan edukatif
Jawaban: C
17. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam
bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A.(1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.(4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.(5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.(5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.Semua jawaban salah
Jawaban: D
18. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A.panjang tulisan
B.nada tulisan
C.gaya tulisan
D.bahasa tulisan
E.Semua jawaban salah
Jawaban: B
19. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.Tidak ada jawaban
Jawaban: D
20. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua jawaban benar
Jawaban: D